Selasa, 24 Desember 2013

Pemasaran

PEMASARAN

I. Pengertian Pasar dan Pemasaran

          Pasar dalam ilmu ekonomi adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Transaksi jual-beli yang terjadi tidak selalu memerlukan lokasi fisik. Pasar yang dimaksud bisa merujuk kepada suatu Negara tempat suatu barang yang dijual dan dipasarkan.
          Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

II. Jenis-Jenis Pasar

        Pasar dibagi menjadi 5 jenis, yaitu :
-      Pasar Barang

Pasar barang menggambarkan pertemuan antara permintaan akan suatu barang. Sebuah perusahaan atau individu dapat beroperasi dipasar barang dengan menawarkan barang hasil produksi atau pula melakukan permintaan akan produk.

-      Pasar Tenaga Kerja

Pasar tenaga kerja merupakan antara permintaan dan penawaran tenaga kerja. Pertemuan ini akan menghasilkan konsep upah dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan. Biasanya yang melakukan permintaan adalah badan usaha (perusahaan), lembaga-lembaga, instasi-instasi, atau dapat juga perseorangan, sedangkan  yang melakukan penawaran kerja adalah angkatan kerja yang tersedia dipasar kerja.

-      Pasar Uang

Pasar uang adalah pertemuan antara permintaan dan penawaran uang. Dalam pasar uang yang ditransaksikan adalah hak uang untuk jangka waktu tertentu. Dipasar uang tentu terjadi pinjam meminjam uang/dana yang selanjutnya menimbulkan hubungan utang piutang.

-      Pasar Modal

Pasar modal yang dalam arti sempit adalah bursa efek. Dalam arti luas, pasar modal adalah pertemuan antara mereka yang mempunyai dana dengan mereka yang membutuhkan dana untuk suatu modal usaha. Jika pasar uang lebih memfokuskan pada penggunaan jangka pendek, maka pasar modal lebih memfokuskan pada penggunaan jangka panjang.

-      Pasar Luar Negeri

Pasar luar negeri menggambarkan hubungan antara permintaan dalam negri akan produk impor dan penawaran ke luar negeri berupa produk ekspor.

III. Konsep-konsep Inti Pemasaran

a.   Pasar sasaran dan segmentasi
b.   Marketplace, Marketspace, dan Metamarket
c.   Pemasar dan Prospek-prospek
d.   Kebutuhan, Keinginan, dan Permintaan
e.   Produk, Penawaran, dan Brand
f.     Nilai dan Kepuasan
g.   Pertukaran dan Transaksi
h.   Relasi dan Jaringan
i.     Saluran Pemasaran
j.     Rantai Suplai
k.    Kompetisi
l.     Lingkungan pemasaran
m. Program Pemasaran
n.   Produk dan jasa

Sebagai falsafah bisnis, konsep inti pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan berorientasi kepada kebutuhan konsumen. Hal inisecara asasi berbeda dengan falsafah bisnis terdahulu yang berorientasi pada produk, jasa serta penjualan.

IV. Manajemen Pemasaran

Pada dasarnya manajemen itu terdiri atas perancangan dan pelaksanaan rencana-rencana. Dalam membuat suatu perencanaan, dibutuhkan kemampuan untuk membuat strategi dan rencana. Untuk rencana jangka panjang maka dibutuhkan waktu yang lebih banyak. Sedangkan untuk pelaksanaan rencana tersebut, dia harus mendelegasikan keputusan-keputusannya yang rutin dilakukan setiap hari kepada para bawahan.
Secara umum manajemen mempunyai tiga tugas pokok, yaitu :

1.   Mempersiapkan rencana/strategi umum bagi perusahaan
2.   Melaksanakan rencana tersebut
3.  Mengadakan evaluasi, menganalisa dan mengawasi rencana tersebut dalam pelaksanaannya. (untuk mengukur hasil dan penyimpangannya serta untuk mengendalikan aktivitas).

Sehingga yang dimaksud dengan manajemen pemasaran, menurut Philip Kotler adalah :

Penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang ditujukan untuk mengadakan pertukaran dengan pasar yang dituju untuk mencapai tujuan organisasi.

          Untuk membuat suatu rencana, fungsi penganalisaan sangat penting agar rencana yang dibuat dapat lebih matang dan tepat. Penerapan merupakan kegiatan untuk menjalankan rencana. Fungsi pengawasan adalah untuk mengendalikan segala macam aktivitas agar tidak terjadi penyimpangan.

V. Bauran Manajemen

Bauran pemasaran : adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasaran di pasar sasaran.
Secara garis besar keempat variabel tersebut dapat dijelaskan melalui penjelasan masing-masing sebagai berikut :

a. Product (Produk) : Definisi produk menurut Philip Kotler adalah : Produk adalah sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, pembelian, pemakaian, atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan.

b. Price (Harga) : Definisi harga menurut Philip Kotler adalah : Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan untuk sebuah produk atau jasa. Secara lebih luas, harga adalah keseluruhan nilai yang ditukarkan konsumen untuk mendapatkan keuntungan dari kepemilikan terhadap sebuah produk atau jasa.

c. Promotion (Promosi) : Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya.

d. Place (Tempat atau distribusi) : Definisi menurut Philip Kotler mengenai distribusi adalah : Berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk membuat produknya mudah diperoleh dan tersedia untuk konsumen sasaran.

VI. Tujuan Sistem Pemasaran

Ada 3 tujuan dari sistem dari pemasaran, yaitu :
-      Memaksimumkan Komsumen
-      Memaksimumkan Kepuasan Konsumen
-      Memaksimumkan Mutu Hidup

VII. Pendekatan dalam Mempelajari Pemasaran

·        Pendekatan serba Fungsi
·        Pendekatan serba Lembaga
·        Pendekatan Organisasi Industri
·        Pendekatan serba Manajemen
·        Pendekatan serba Sistem

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar