PEMASARAN
I. Pengertian Pasar dan Pemasaran
Pasar dalam ilmu ekonomi adalah tempat
bertemunya penjual dan pembeli. Transaksi jual-beli yang terjadi tidak selalu
memerlukan lokasi fisik. Pasar yang dimaksud bisa merujuk kepada suatu Negara
tempat suatu barang yang dijual dan dipasarkan.
Pemasaran adalah proses penyusunan
komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang
atau jasa dalam kaitannya memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
II. Jenis-Jenis Pasar
Pasar
dibagi menjadi 5 jenis, yaitu :
- Pasar Barang
Pasar barang menggambarkan pertemuan antara permintaan
akan suatu barang. Sebuah perusahaan atau individu dapat beroperasi dipasar
barang dengan menawarkan barang hasil produksi atau pula melakukan permintaan
akan produk.
- Pasar Tenaga Kerja
Pasar tenaga kerja merupakan antara permintaan dan
penawaran tenaga kerja. Pertemuan ini akan menghasilkan konsep upah dan jumlah
tenaga kerja yang dibutuhkan. Biasanya yang melakukan permintaan adalah badan
usaha (perusahaan), lembaga-lembaga, instasi-instasi, atau dapat juga
perseorangan, sedangkan yang melakukan
penawaran kerja adalah angkatan kerja yang tersedia dipasar kerja.
- Pasar Uang
Pasar uang adalah pertemuan antara permintaan dan
penawaran uang. Dalam pasar uang yang ditransaksikan adalah hak uang untuk
jangka waktu tertentu. Dipasar uang tentu terjadi pinjam meminjam uang/dana
yang selanjutnya menimbulkan hubungan utang piutang.
- Pasar Modal
Pasar modal yang dalam arti sempit adalah bursa efek. Dalam
arti luas, pasar modal adalah pertemuan antara mereka yang mempunyai dana
dengan mereka yang membutuhkan dana untuk suatu modal usaha. Jika pasar uang
lebih memfokuskan pada penggunaan jangka pendek, maka pasar modal lebih
memfokuskan pada penggunaan jangka panjang.
- Pasar Luar Negeri
Pasar luar negeri menggambarkan
hubungan antara permintaan dalam negri akan produk impor dan penawaran ke luar
negeri berupa produk ekspor.
III. Konsep-konsep Inti
Pemasaran
a.
Pasar sasaran dan
segmentasi
b.
Marketplace,
Marketspace, dan Metamarket
c.
Pemasar dan
Prospek-prospek
d.
Kebutuhan, Keinginan,
dan Permintaan
e.
Produk, Penawaran, dan
Brand
f.
Nilai dan Kepuasan
g.
Pertukaran dan Transaksi
h.
Relasi dan Jaringan
i.
Saluran Pemasaran
j.
Rantai Suplai
k.
Kompetisi
l.
Lingkungan pemasaran
m. Program Pemasaran
n.
Produk dan jasa
Sebagai falsafah bisnis,
konsep inti pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan
berorientasi kepada kebutuhan konsumen. Hal inisecara asasi berbeda dengan
falsafah bisnis terdahulu yang berorientasi pada produk, jasa serta penjualan.
IV. Manajemen Pemasaran
Pada
dasarnya manajemen itu terdiri atas perancangan dan pelaksanaan
rencana-rencana. Dalam membuat suatu perencanaan, dibutuhkan kemampuan untuk
membuat strategi dan rencana. Untuk rencana jangka panjang maka dibutuhkan
waktu yang lebih banyak. Sedangkan untuk pelaksanaan rencana tersebut, dia
harus mendelegasikan keputusan-keputusannya yang rutin dilakukan setiap hari
kepada para bawahan.
Secara umum manajemen
mempunyai tiga tugas pokok, yaitu :
1. Mempersiapkan rencana/strategi umum bagi
perusahaan
2.
Melaksanakan rencana tersebut
3. Mengadakan evaluasi, menganalisa dan mengawasi rencana tersebut dalam
pelaksanaannya. (untuk mengukur hasil dan penyimpangannya
serta untuk mengendalikan aktivitas).
Sehingga
yang dimaksud dengan manajemen pemasaran,
menurut Philip Kotler adalah :
Penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan
pengawasan program-program yang ditujukan untuk mengadakan pertukaran dengan
pasar yang dituju untuk mencapai tujuan organisasi.
Untuk membuat suatu
rencana, fungsi penganalisaan sangat
penting agar rencana yang dibuat dapat lebih matang dan tepat. Penerapan merupakan kegiatan untuk
menjalankan rencana. Fungsi pengawasan
adalah untuk mengendalikan segala macam aktivitas agar tidak terjadi
penyimpangan.
V. Bauran Manajemen
Bauran pemasaran : adalah
seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus
mencapai tujuan pemasaran di pasar sasaran.
Secara garis besar keempat variabel
tersebut dapat dijelaskan melalui penjelasan masing-masing sebagai berikut :
a. Product (Produk) : Definisi produk menurut Philip Kotler adalah : Produk adalah
sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, pembelian,
pemakaian, atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan.
b. Price (Harga) : Definisi harga menurut Philip Kotler adalah : Harga adalah
sejumlah uang yang dibebankan untuk sebuah produk atau jasa. Secara lebih luas,
harga adalah keseluruhan nilai yang ditukarkan konsumen untuk mendapatkan
keuntungan dari kepemilikan terhadap sebuah produk atau jasa.
c. Promotion (Promosi) : Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam
menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk
melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya.
d. Place (Tempat atau distribusi) : Definisi menurut Philip Kotler mengenai distribusi adalah :
Berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk membuat produknya mudah
diperoleh dan tersedia untuk konsumen sasaran.
VI. Tujuan Sistem Pemasaran
Ada 3 tujuan dari sistem dari pemasaran, yaitu :
-
Memaksimumkan Komsumen
-
Memaksimumkan Kepuasan Konsumen
-
Memaksimumkan Mutu Hidup
VII. Pendekatan dalam Mempelajari Pemasaran
·
Pendekatan serba Fungsi
·
Pendekatan serba Lembaga
·
Pendekatan Organisasi
Industri
·
Pendekatan serba
Manajemen
·
Pendekatan serba Sistem
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar